Selasa, 01 Mei 2012


Makanan Khas Korea Selatan

Name:  kimchi.jpg
Views: 1159
Size:  20.8 KB

Bagi yang suka dengan kuliner dan pencinta makanan, sebaiknya anda mencicipi beberapa masakan khas Korea berikut ini.
Masakan Korea berbahan dasar sebagian besar pada beras, mi, tahu, sayuran dan daging. Makanan tradisional Korea terkenal akan sejumlah besar makanan sampingan (lauk) yang disebut banchan yang dimakan bersama dengan nasi putih dan sup (kaldu). Setiap makanan dilengkapi dengan banchan yang cukup banyak.

1. KIMCHI

Kimchi adalah makanan yang wajib dihidangkan di meja makan keluarga di Korea Selatan. Kimchi merupakan jenis makanan fermentasi yang terbuat dari sayuran segar, umumnya dibuat dari sawi putih, bayam, lobak dan sayuran sejenisnya. Karena sudah melewati masa fermentasi, maka kimchi adalah makanan yang tahan lama. Di Korea Selatan setiap keluarga/ ibu rumah tangga mahir membuat kimchi. Biasanya menjelang musim dingin/ salju ibu rumah tangga di Korea sana membikin kimchi untuk disimpan sebagai cadangan makanan ketika melewati musim dingin. Bahkan awetnya bisa sampai satu tahun. Ini merupakan salah satu kearifan lokal di Korea.

Kimchi banyak mengandung gizi seperti vitamin A, B1, B2 dan serat. Citra rasanya cenderung pedas. Cara membuat kimchi sangat mudah, pertama sawi yang masih utuh dicuci bersih, kemudian digarami merata setiap helai daun, kemudian siapkan bumbu yang sudah dihaluskan terdiri dari jahe, cabai, udang rebon, bawang putih, kecap ikan. Setelah itu, sawi yang sudah dilumuri garam, dibaluri lagi denganbumbu alus tadi. Lantas masukkan ke dalam tempayan tutup rapat. Tunggu masa fermentasi sampai lima hari.

2. GALBI

Galbi adalah masakan khas Korea yang terbuat dari daging iga sapi dan iga babi. Cara masakannya dipanggang di atas bara arang. Dengan bumbu yang simple, seperti kecap asin dan minyak wijen dengan cocolannya saus tiram. Masakan ini biasanya disajikan pada musim dingin dan musim gugur.

3. BULGOGI

Bulgogi merupakan makanan khas Korea yang mudah dijumpai di restoran-restoran Korea di Indonesia. Bulgogi merupakan makanan yang terbuat dari daging sapi, cara mengolahnya di panggang di atas bara api, bumbunya hampir mirip dengan galbi terdiri dari minyak wijen dan kecap saus tiram.

4. GUJEOLPAN

Gujeolpan berarti "Piring yang Terbagi Sembilan", ini terdiri atas beberapa sayuran dan daging yang disajikan dalam lapisan panekuk. Biasa disajikan saat perayaan dan pernikahan.

5. SINSEOLLO
Adalah sup rebusan berisi sayur-sayuran dan bakso daging dalam panci.

Bagi anda yang beragama Islam harap berhati-hati dalam memilih makanan Korea, bukan saja karena banyak kuliner yang mengandung daging Babi, tapi juga karena penyembelihannya kan tidak islami, makanan yang aman dikonsumsi kimchi atau makanan laut. Tetapi Anda dapat membuatnya sendiri, dengan mengganti dengan daging yang halal dan aman.


http://www.smkn1-rotabayat.sch.id/
http://djogjanesia.wordpress.com/ 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar